Sunday 31 January 2016

5 kebudayaan indonesia yang memukau mata dunia 

Indonesia memiliki beragam suku, agama, budaya bermacam-macam yang tersebar dari sabang sampai merauke. Di indonesia bayak sekali budaya-budaya yang mendunia diantara nya adalah angklung, batik dan masih banyak lagi budaya dan seni yang dimilki indonesia berikut saya telah merangkum 5 BUDAYA ASLI INDONESIA YANG BEGITU MENDUNIA :

1.  Angklung
 

Angklung adalah alat musik tradisional paling populer yang dimiliki indonesia alat musik yang dibunyikan dengan cara digoyangkan ini sangat disukai oleh negara-negara lain sebut saja korea, Malaysia, Jepang dan banyak lagi.
Angklung telah mendapat pengakuan resmi dari UNESCO sebagai warisan budaya asli indonesia, Sertifikat UNESCO diserahkan oleh mantan Duta Besar RI untuk UNESCO Tresna Dermawan Kunaefi kepada Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh.   
Bunyi yang dihasilkan oleh angklung memilki ciri khas tersendiri sebab alat musik ini dibuat dengan menggunakan susunan bambu sehingga angklung menghasilkan suara yang bergetar.



2. Wayang Kulit

 


Wayang adalah seni teater yang dimiliki indonesia,ada beberapa jenis wayang yaitu wayang kulit dan wayang orang dan lain-lain, warga indonesia sedang gempor-gempornya mempertahankan kesenian ini agar tidak terlupakan. 
Mulai dari tahun 80-an wayang kulit sangat banyak peminat nya terbukti dengan tayangan di tv nasional maupun swasta.
Yang paling membanggakan adalah ketika warga asing memainkan teater ini disebuah tv swasta tahun 2013 lalu yang membuat presiden indonesia saat itu Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY berdecak kagum.

3.  Tari Saman dari Aceh
  
Tarian ini pada mula diciptakan oleh seorang Syekh yang bernama Syeh saman beliau adalah seorang ulama islam di Aceh pada abad ke-14. Tarian ini adalah salah satu cara beliau menyebar ajaran islam karena tari saman sering ditampilkan pada acara  Maulid Nabi, Tahun baru Islam dan  acara islam lainnya
Tarian ini memiliki daya tarik tersendiri bagi Provinsi Aceh, Jika kebayakan kesenian tari di iringi oleh lantunan musik berbeda dengan tari saman yang menggunakan tepukan dada, paha ,dam lantai yang berirama serta di ikuti gerakan lincah para penari. Tarian ini bisa di bilang sangat memdunia terbukti dengan terpilih nya tarian ini sebagai tarian warisan budaya oleh UNESCO.


4. Tari Rateb Meuseukat dari Aceh
 

Tarian yang satu ini juga berasal dari aceh berbeda dengan tari saman tarian ini  menggunakan instrumen seperti rapa’i dan geundrang, jika tari saman dilakukan dengan berkelompok justru tarian ini sebaliknya
Awalnya tarian ini dimainkan setelah pelajaran mengaji pada malam hari sebagai media dakwah, Seiring dengan berjalannya waktu tari Ratéb Meuseukat dipentaskan pada acara-acara seperti upacara keagamaan dan hari-hari besar.


5. Batik Indonesia

 
Pakaian ini adalah asli milik indonesia sempat negara lain mengklaim bahwa batik adalah milik mereka spontan warga indonesia langsung marah mereka pun terus memperjuangkan budaya asli leluhur ini dan UNESCO pun mengakui batik sebagai warisan indonesi pada tanggal 2 oktober 2009.
Tahun-tahun berikut nya indonesia mulai bayak mengenakan pakaian ini dengan mewajibkan siswa dan para pegawai negeri sipil menggunakan batik setiap hari rabu dan kamis.

Cukup sekian yang bisa saya sampaikan mudah-mudah setelah sobat membaca artikel ini sobat mulai mencintai budaya sobat sendiri, Jangan sampai negara lain mengklaim bahwa itu adalah budaya milik mereka lalu kamu marah dan langsung menentang mereka padahal andalah yang tidak pernah mengigat budaya anda sendiri.


0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com