Tuesday 5 January 2016

Harga BBM Turun Stock Premium Ikut Habis

seorang pegawai spbu sedang istirahat

 Kediri – Beberapa hari yang lalu tepat pukul 00.00 pemerintah telah menurunkan bahan bakar minyak ternyata dampak yang ditimbulkan penurunan bahan bakar tersebut  membuat  Pompa bensin di daerah kediri mengalami kekosongan stok premium. Sejumlah penguasaha stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di kediri kompak mengosongkan tangki premium setelah harga diturunkan senin malam.


Hampir seluruh  tempat pengisian bahan bakar di kota dan kabupaten kediri memasang plang pengumuman yang berisi  “BBM HABIS”. Kekosongan ini terjadi pada BBM jenis solar dan Premium yang memang di minati oleh masyarakat . Akiibatnya warga terpaksa membeli Pertamax yang sedikit lebih mahal dari BBM lainnya.


Ketua Himpunan Pengusaha Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Wilayah Kediri David T. Wahyudi mengatakan kekosongan BBM ini merupakan dampak dari kebijakan pemerintah menurunkan harga sejak 5 Januari 2016. Pemilik SPBU tak mau menebus delivery order (DO) ke Pertamina dengan dalih tak mau merugi akibat penurunan harga. “Padahal Pertamina sudah menyiapkan kompensasi atas penurunan ini,” ucap David, Rabu, 6 Januari 2016.


DIansir dari TEMPO.co David menjelaskan, pengusaha tak mau repot mengurus penebusan itu dan sengaja mengosongkan tangki. Padahal David memastikan mekanisme pemberian kompensasi atas penurunan harga dari Pertamina ke pengusaha sangat sederhana.


Kesengajaan ini terpantau dari prosedur pengelolaan SPBU, yakni setiap pukul 00.00 WIB harus dilakukan penghitungan persediaan bahan bakar (stock opname). Dari penghitungan itu pula diketahui kebutuhan BBM hari berikutnya yang harus segera dipenuhi.


Hal lain yang turut mempengaruhi kelangkaan BBM di Kediri adalah keterbatasan truk pengangkut dari Depo Pertamina Surabaya. Karena kekosongan terjadi di mana-mana, Pertamina Surabaya tak mampu memenuhi pasokan ke SPBU secara bersamaan. Hal itu menyebabkan terjadinya keterlambatan pasokan. Belum lagi sikap pengusaha SPBU yang cenderung mengurangi DO secara drastis pada situasi peralihan harga saat ini.


Akibat kondisi ini, para pemilik kendaraan terpaksa membeli BBM jenis Pertamax yang harganya lebih mahal sebesar Rp 8.600 per liter. Ini sudah turun dibanding harga sebelumnya sebesar Rp 8.750 per liter. “Mau bagaimana lagi kalau Premium kosong,” kata Masyari, pemilik sepeda motor yang mengaku baru pertama kali ini membeli Pertamax di SPBU Lirboyo, Kediri.


Location: Lokasi tidak diketahui.

1 comment:

  1. Siapa bilang main game poker/domino susah menang ?
    Member setia kami di Jagodomino telah membuktikan diri bahwa main game poker & domino secara online bukanlah hal yang susah untuk menjadi seorang pemenang.

    Sekarang giliran anda untuk membuktikan diri bahwa anda adalah rajanya dalam permainan poker & domino. Buktikan diri anda bersama kami situs poker dan domino online terpercaya Jagodomino,com.

    Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24/7 melalui :
    * LIVECHAT Jago188(dot)net
    * PIN BBM : 2AF6F43D
    * WA : +855717086677
    * LINE : Jagodomino

    Salam Sukses Jagodomino

    ReplyDelete

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com