Friday 1 January 2016

Ciri-ciri Penyakit Jantung Dan Penyebabnya

Jantung merupakan organ terpenting didalam tubuh mahluk hidup tanpa jantung seluruh mahluk hidup tidak akan dapat beraktifitas sebagai mana mestinya oleh sebab itu marilah kita menjaga agar jantung kita tetap sehat  dengan cara mendeteksinya terlebih dahulu seperti memperhatikan ciri-cirinya
Dibawah ini merupakan beberapa ciri penyakit jantung pada seseorang, Ciri awal pada penderita penyakit jantung bervariasi karena tergantung jenis penyakit jantung yang dialami oleh seseorang.
Selain itu terdapat perbedaan antara sakit jantung dengan serangan jantung namun banyak orang yang mengartikan keduanya dengan makna yang sama.
 Perbedaan tersebut terletak pada makna nya, jika sakit jantung merupakan ketidakmampuan fungsi jantung dalam memompa darah keseluruh tubuh, sedangkan serangan jantung adalah penyumbatan atau pengecilan pembuluh darah yang membawa sari makanan dan oksigen menuju jantung.
Terlepas dari perbedaan tersebut tetap saja keduanya masih berhubungan erat.
Adapun ciri-ciri orang yang terkena penyakit jantung adalah:
1. Sakit Pada Bagian Kepala
Sakit pada bagian kepala jika terkenas sinar matahari juga bisa saja merupakan ciri seseorang bermsalah dengan jantungnya. Pengaruh ini bisa saja menimbulkan denyut jantung lebih lambat atau lebih cepat. Pada wanita juga harus waspada jika mengalamai sakit migrain karena menurut penelitian yang diterbitkan oleh American Academy of eurology sakit kepala pada penderita penyakit jantung bisa saja akibat dari terjadinya penyimpanan sirkulasi darah.
2. Nyeri Dada
Ciri awal orang terkena penyait jantung bisa saja dari gejala nyeri pada bagian dada, namun nyeri dada tidak hanya merupakan
3. Sakit Pada Bagian Tubuh
Karena arteri tersumbat menimbulkan sakit pada bagian tubuh tertentu seperti jika pada wanita akan merasakan sakit pada tangan bagian kiri atau kanannya sedangkan pada laki-laki pada bagian kirinya, selain pada bagian tangan, bagian tubuh yang sering terasa sakit adalah bahu, punggung siku dan juga leher yang sewaktu-waktu datang dan juga pergi.
4. Merasa Mudah Lelah
Ciri penyakit jantung salahsatunya juga adalah merasa lelah padahal seseorang tersebut baru saja bangun tidur dan tidak melakukan aktivitas berat apapun. Jika hal ini terjadi tentu saja harus segera mengkonsultasikannya dengan dokter untuk memastikan keadaaan tubuh.
5. Sesak Napas
Jika seseorang mengalami sesak napas bisa saja karena diakibatkan oleh pembuluh darah yang menghambat aliran darah yang didistribusikan keseluruh tubuh yang dapat menyebabkan tidak teraturnya denyut jantung, penebalan pada otot jantung dan juga katup jantung yang mengalami kelainan.
6. Merasa Mual
Gejala penyakit jantung selanjutnya adalah penderita akan meraskan mual sehingga menurunkan nafsu makan, pada awalnya bagian perut yang membengkak saja namun perut bagian dalam juga merasakan mual juga
7. Rasa Cemas
Biasanya orang yang mengalami serangan jantung mengalami trauma sehingga menimbukan rasa tegang, ketakutan dan juga kecemasan, rasa cemas ini tentu saja harus dihindari karena merupakan pemicu munculnya kembai serangan jantung. Oleh karena itu dianjurkan untuk tetap tenang dan sebisa mungkin untuk menghilangkan cemas.
8. Pembengkakan
Ciri lain dari seorang yang menderita penyakit jantung adalah terjadinya pembengkakan pada bagian tubuh tertentu seperti pada bagian perut atau pada bagian pergelangan kaki, ini terjadi karena cairan yang menumpuk dalam tubuh.
9. Keluar Keringat
Masalah pada jantung lainnya adalah seseorang harus waspada jika tubuh mengeluarkan keringat sedangkan tubuh tidak melakukan olahraga atau aktivitas apa-apa.
Jika seseorang mengalami gejala penyakit jantung seperti diatas lantas jangan langsung menyimpulkan bahwa orang tersebut menderita penyakit jantung bisa saja penyakit lainnya yang hampir mirip gejala nya dengan penyakit jantung. langkah selanjutnya jika mengalami ciri gejala diatas segera konsultasikan dengan dokter agar dilakukan diagnosa lebih lanjut.
Menurut salahsatu dokter dari Medical director dari Northwestern Wellness Center yaitu Dokter Larry Kaskel, MD menyebutkan beberapa resiko penyakit jantung yang sebenarnya. Penyebab penyakit jantung tidak hanya lemak jenuh dan juga kolesterol saja namun dibawah ini merupakan beberapa pemicunya, seperti yang  telah dirangkum dibawah ini.         
1.)   Stress
Salahsatu pemicu penyakit jantung adalah stress. Jika seseorang mengalami stress dalam keadaan yang parah maka dapat mempengaruhi kondisi fisiknya, dan dapat memicu penyakit jantung. Pada saat tubuh mengalami stress hormon koristol dan juga adrenalin yang ada didalam tubuh akan dilepaskan. Apabila 2 hormon ini berada diatas batas normal maka akan memicu terjadinya peradangan, kemudian peradangan tersebut menyebabkan terjadinya penyakit jantung pada seseorang.
2.)   Gula
Selain stress, gula yang dikonsumsi terlalu banyak juga akan berakibat buruk pada kesehatan. Berbagai macam penyakit akan muncul bila Anda mengkonsumsi gula secara berlebihan, diantaranya gula dapat menimbulkan obesitas, merusak pembuluh darah arteri, memicu peningkatan tekanan darah bahkan pada penderita diabetes yang parah gula bisa menyebabkan kebutaan. Tidak hanya berbahaya dalam bentuk aslinya yaitu sebagai gula biasa, namun dalam bentuk makanan yang mengandung karbohidrat yang kemudian diolah menjadi gula didalam tubuh,bekangan ini sudah mulai banyak perusahaan yang memproduksi beberapa merk gula yang bebas kolestrol meskipun demikian jangan terlalu banyak mengkonsumsi gula karna suatu yang berlebihan itu tidak diajurkan.
3.)   Lemak Trans
Lemak Trans juga diduga lebih berbahaya dibandingkan lemak jenuh. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Selain itu apabila lemak trans dikonsumsi harian 1-3% saja sudah bisa menimbulkan resiko serangan jantung bagi orang dewasa, apalagi jika dikonsumsi oleh anak-anak. Sebagai produk sintesis tentu saja lemak trans berbahaya bagi jantung.
4.)   Kurang Protein dan Lemak Sehat
Penyebab Resiko Penyakit jantung selanjutnya adalah kurangnya lemak dalam tubuh. Apakah kurang lemak dapat memicu terjadinya serangan jantung? Apakah sama halnya ketika kekurangan protein? Ya, tubuh memerlukan gizi seimbang agar seluruh oragan tubuh bisa melakukan aktivitas dengan lancar. Tentu saja dengan melakukan kebiasaan sehat dari mulai konsumsi gizi seimbang, mengurangi makanan cepat saji, dan berolahraga teratur dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung.
5.)   Kurang Tidur dan Tidur Berlebihan
Apabila Anda memiliki kebiasaan kurang tidur ataupun terlalu banyak tidur, sebaiknya Anda mulai menghindari kebiasaan tersebut. Karena apabila tubuh kurang tidur dari 5 jam ataupun tidur telalu lama lebih dari 9 jam akan mengakibatkan rusaknya sistem tekanan darah dan juga meningkatkan stress. Seperti yang diketahui bahwa stress atau depresi merupakan salahsatu dari pemicu terjadinya penyakit jantung.
6.)   Olahraga Terlalu Berat
Olahraga memang perlu dilakukan namun apabila berolahraga terlalu berlebihan juga dapat menyebabkan penyakit jantung,sudah banyak olahragawan yang meninggal akibat serangan jantung karena dia latihan terlalu berat Meskipun olahraga merupakan salahsatu kebiasan sehat namun jika dilakukan dengan cara yang berlebihan dapat memicu terjadinya penyakit jantung. Jika olahraga secara berlebihan jantung akan merasakan kelelahan sehingga tidak dianjurkan olahraga diluar batas dari kemampuan tubuh Anda. Lebih baik berolahraga dengan batas normal namun dilakukan dengan rutin.
7.)   Makan Berlebihan
Seperti yang telah banyak diketahui bahwa obisitas merupakan pemicu dari munculnya berbagai penyakit termasuk pemicu munculnya penyakit jantung. Obesitas ini diakibatkan konsumsi makanan terelalu berlebih dan tanpa di imbangi dengan olahraga yang teratur. Anda harus mulai mengontrol porsi makan Anda dan sebisa mungkin menghindari gula dan makanan yang mengandung kalori berlebih.
8.)   Merokok
Resiko Penyakit jantung dapat meninggal apabila seseorang memiliki kebiasaan merokok, meskipun mungkin hanya menghisap sebatang rokok perhari, resiko penyakit jantung dapat meningkat menjadi dua kali lipat. Selain itu masih banyak juga efek negatif lainnya dari rokok seperti munculnya kanker dan bahaya lainnya bagi tubuh. Jadi lebih baik Anda mulai membiasakan diri untuk mulai meninggalkan rokok.
Dari beberapa ciri-ciri dan penyebab terjadinya serangan jantung diatas kita dapat mengambil pelajaran bahwa penyakit jantung bisa terjadi pada siapa saja tanpa terkeculi tua maupun muda

Oleh sebab itu marilah bersama-sama menghindari penyebab penyakit jantung diatas dengan  pola hidup sehat dan teratur.
Location: Indonesia

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com