Thursday 17 December 2015

CARA AGAR KAMU DAPAT MENGATUR WAKTU BERMAIN GAME DAN WAKTU BERKUALITASMU ?

Gamer Profesional di Indonesia. Yes or No | Featured
Sebagai seorang gamer, tentunya kamu ingin agar waktu bermain kamu berkualitas dan tanpa gangguan. Bermain game dengan dikejar-kejar waktu, rasa bersalah, ataupun perasaan tak enak lainnya tentu tidak ingin kamu alami.
Gangguan ini bisa berasal dari banyak hal. Entah itu keluarga, teman, pekerjaan, sekolah, dan lain-lain. Lalu bagaimana caranya supaya kamu bisa bermain dengan tenang? Berikut adalah beberapa tip yang bisa kamu coba.


1.Jadwalkan Waktu Bermain KhususClock | Photo
Sumber: Flickr
Mengatur waktu juga bisa dilakukan agar sesi bermain game kamu menjadi lebih berkualitas. Dengan mengalokasikan waktu tertentu, kamu bisa lebih fokus dalam bermain.
Aturlah waktu bermain yang sehat, dengan rentang waktu tertentu untuk mengistirahatkan mata dan menggerakkan badan. Lakukan peregangan dan melihat benda-benda jauh setiap dua jam sekali agar badan tidak cepat pegal dan mata tak cepat lelah.


2.Komunikasikan Ini dengan Orang Terdekat

Hand shake | Picture
Sumber: Flickr
Tentunya kamu tidak mau orang tua, saudara, atau istri kamu menginterupsi ketika sedang asyik-asyiknya bermain kan? Nah, ketika kamu ingin membuat jadwal khusus bermain, ada baiknya kamu juga mendiskusikan hal ini kepada mereka agar tidak terjadi bentrok kepentingan.
Jika sudah disepakati, tidak ada alasan lagi bagi mereka untuk mengganggu kamu bermain dengan tenang (kecuali ada hal yang sangat penting dan mendesak tentunya, kamu harus bisa menilai situasi juga). Mungkin sekali-sekali mereka juga harus mencoba agar mengerti betapa asyiknya bermain game.


 3.Selesaikan Kewajibanmu Terlebih Dahulu

Checklist | Graphic
Sumber: Flickr
Beberapa hal yang membuat saya puas adalah ketika pekerjaan hari ini selesai dan saya bisa bermain tanpa beban. Hal ini berbeda ketika saya menyempatkan diri bermain game yang membutuhkan waktu lama untuk dinikmati saat masih ada pekerjaan. Saya sering merasa terburu-buru dan itu tidaklah nikmat.


4.Jadikan Bermain Game sebagai Penghargaan

Medal of Honor | Photo
Sumber: Flickr
Melanjutkan tip sebelumnya, tip yang satu ini justru bisa membuat bermain game sebagai motivasi untuk menyelesaikan berbagai hal. Jika kamu berhasil memenuhi target harian atau mingguan, buatlah semacam penghargaan khusus berupa bermain game kesukaanmu selama beberapa waktu.
Tentunya kamu juga harus menepati konsekuensi jika kamu gagal memenuhi target. Kamu harus rela memotong jam bermainmu, misalnya, atau berbagai bentuk konsekuensi lainnya.
Dengan bermain game sebagai bentuk penghargaan ini, kamu bisa benar-benar melegitimasi kegiatan bermain game sebagai sesuatu yang positif secara absolut, bulat, dan tak bercela di hadapan orang-orang terdekatmu. Hasilnya, tak akan ada yang keberatan dengan aktivitas gaming kamu. Semoga … yah idealnya sih begitu.


5.Pastikan Tidak Ada Anak di Bawah Umur

Baby Game Eater | Photo

Sebenarnya ini adalah tip tambahan bagi kamu yang sudah memiliki anak (seperti saya) atau sering kedatangan anak kecil alias balita di rumah. Sebelum kamu bermain, pastikan tidak ada balita yang berkeliaran di sekitarmu, karena mereka adalah bahaya bagi perangkat gaming.
Hal pertama yang mungkin mereka lakukan adalah meminta gamepadmilikmu. Kemungkinan kedua adalah mereka akan mengutak-atik consoleatau PC di dekatnya. Kemungkinan terburuk adalah mereka memecahkan atau merusak sesuatu yang sangat berharga bagimu. Ouch.
Cara untuk mengatasinya? Seperti tip di atas, lagi-lagi komunikasikan dengan orang-orang terdekatmu. Kamu juga bisa menaruh peralatangaming kamu di ruangan tersendiri.


Jadi, itulah beberapa tip yang bisa kamu (khususnya saya) lakukan agar kamu bisa bermain dengan tenang tanpa gangguan. Semoga ini dapat membantu kamu semua.
Bagaimana menurut kamu dengan tip-tip di atas? Apakah kamu memiliki cara sendiri untuk mendapatkan waktu bermain game yang berkualitas? Yuk saling berbagi pada komentar di bawah!


0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com